Tips Backpacking!

TIPS BACKPACKING!

(1) Banyak-banyak riset, browsing sana-sini dan bertanya. Jangan malu bertanya mengenai kota dan negara yang kalian tuju. Browsing di internet adalah cara yang paling mudah untuk melakukan riset. Cari event-event yang bagus, tempat-tempat favorite, dll

(2) Tentukan budget jalan-jalan sebelum berpergian. Biaya pesawat, akomodasi, dan makan. Alokasikan biaya sekitar 20-30% untuk keperluan mendadak dan biaya belanja jika ingin

(3) Pantau harga uang (kurs) negara yang akan dituju (jika keluar negeri) kalau harga kurs menguntungkan belilah uang saat itu juga untuk keuntungan kita sendiri.

(4) Jangan menukar uang di airport atau negara yang dituju karena mata uang rupiah akana sangat jatuh.

(5) Pantau promosi tiket pesawat murah. Daftarkan diri sebagai anggota di maskapai-maskapai penerbangan supaya dapat harga promosi. Biasakan membeli tiket pesawat jauh-jauh hari agar dapet harga tiket yang murah. Dan jangan lupa bandingkan dengan maskapai lain.

(6) Sebaiknya jangan berpergiaan saat weekend/peak season karena harga-harga akan melonjak naik. Tapi jika memang mendesak atau ingin saat liburan siapkan anggaran dana lebih besar lagi.

(7) Gunakan transportasi publik untuk menekan biaya dan jangan gunakan taksi. Beberapa negara mematok harga yang tinggi untuk ongkos taksi.

(8) Jalan kaki. Jika tempat yang dituju masih memungkinkan untuk ditempuh dengan berjalan kaki usahakan jalan kaki. Hemat dan sehat hahaha

(9) Beberapa negara menyiapkan free shuttle bus seperti Korea Selatan dan Macau untuk rute tertentu. Gunakan sebaik mungkin jika kalian akan mengunjungi tempat tempat yang dilewati oleh free shuttle bus tersebut

(10) Bila sampai kota/negara tujuan malam hari lebih baik nginep di bandara. Kalo bandara luar negeri biasanya pewe buat tidur kalo bandara lokal di Indonesia kurang tau aman atau gak hehe

(11) Untuk jaga jaga bookinglah kamar sebelum berpergian apalagi jika datang saat musim liburan demi menghindari gak kebagian kamar. Kamar bisa dibooking melalui website resmi seperti agoda.com, hostelworld.com, dll

(12) Untuk menghemat biaya akomodasi, tinggalah di Hostel atau Guest House biasanya harga permalamnya lebih murah daripada hotel. Toh kita cuma mau tidur kan disana? Pastinya kita akan menghabiskan waktu diluar hotel jadi percuma juga bayar hotel mahal, nantinya juga kita cuma numpang tidur aja.

(13) gunakanlah tips aji mumpung. Kalo kalian punya teman/sodara di tempat yang akan kalian tuju mending nginep di tempat mereka aja. Pertama untuk menghemat biaya akomodasi dan kedua kali aja mereka bersedia jadi tour guide dadakan buat kalian. Lumayan kan hahahaha

(14) Cari akomodasi yang strategis. Dekat kemana-mana atau gak deket dengan tempat transportasi umum. Percuma kalian dapet akomodasi murah tapi jauhnya naujubilah. Sama aja gak menghemat biaya namanya

(15) Coba Couchsurfing .Apabila Anda tertarik dan berani untuk melebur dengan warga lokal dan mencoba mengikuti gaya hidup mereka, Anda dapat mencoba Couchsurfing. Sama aja kayak homestay gitu. Kalo gak enak kalian bisa ngasih sovenir dari negara kita buat tanda terima kasih udah dikasih tumpangan tidur

(16) Ambil peta gratis di tourist information center atau gak browsing peta di google terus print deh. Gampang kan paling ngeprint berapaan sih haha

(17) Berlatih membaca peta. Dan jangan malu dan takut bertanya. Jika kurang menguasai bahasa lokal di daerah yg dituju gunakan bahasa tubuh dan pinter-pinter aja nanyanya.

(18) Gunakan kartu berlangganan/terusan seperti EZLink(Singapore), Octopus Card(HK) dll jika kalian sering menggunakan transportasi umum. Kartu berlangganan biasa bukan cuma buat bayar transporatasi umum aja tapi jug bisa buat bayar di minimart

(19) Jangan beli makanan di restaurant yang dari depannya aja udah kelihatan mahal. Makan di foodcourt atau pinggir jalan. Kalo lagi laper mah kan semua makanan enak-enak aja haha

(20) Buat lebih hemat lagi beli makanan beku di minimart seperti 7-11 terus panasin di tempat nginep. Rasanya not bad kok. Malah kadang ada yang enaknya kayak masakan restaurant.

(21) Bawa minum dari tempat penginapan yang biasanya gratis. Atau gak ada beberapa negara yang air kerannya aja bisa diminum. Jangan malu isi ulang botol kalo udah abis. Kalo malu diem diem aja jangan sampe keliatan orang

(22) Buat yang muslim, hati-hati cari makanan. Kayak di Korea, Jepang, HK jarang banget banget banget yang jualan makanan halal. Banyak banyak browsing dan nanya ke orang yang udah dateng ke tempat tujuan kamu agar tau dimana aja ada makanan halal

(23) Biar gak ribet jangan lupa bikin itinerary atau rencana perjalanan dari rumah. Catet tempat wisata mana aja yang mau dituju. Gak tau tempat wisatanya mana aja? browsing!

(24) Bawa buku panduan! Banyak tuh di gramedia buku panduan backpacker salah satu penulis favorite aku sih Claudia Kaunang sama Budi Sulis.

(25) Cari info objek wisata gratis! gak jarang loh banyak tempat wisata gratis di mana aja. Makannya browsing sama banyak tanya biar tauuu 😀

(26) Bikin prioritaskan objek wisata yang ingin didatangi. Jangan semuanya pengen di datengin, belom tentu waktunya cukup. Kalo ada waktu lebih bolehlah

(27) Turis Spot patut di hindari kalo lagi rame. Kalo emang kepengen banget kesana mending banyak banyak persiapan. Kayak nyelipin makanan dari luar soalnya biasanya di tempat wisata yg banyak turisnya makanannya mahal mahal. Gak percaya? Coba aja

(28) Usahakan pergi sendiri, jangan pake tour. Udah lebih mahal, belom tentu tempat yang kita tuju bakal di datengin semua. Mana tunggu tungguan sama anggota tour yang lain. Ribet deh, kalo masih bisa sendiri kenapa gak?

(29) orang Indonesia kan baik-baik dan tidak sombong. Pasti kalo pergi kemana-mana mau bawa oleh-oleh kan? Beli di pasar-pasar tradisional biar jauh lebih murah. Kayak daerah bugis di singapore, dongdaemun, myeongdong dan namdaemun di korea, serta ladies market di HK

(30) Jangan males membandingkan harga. Mending muter terus tanya harga dulu. Di catet dan kalo udah tau tempat yang paling murah dimana baru deh beli disitu. Jangan sungkan minta diskon kalo beli banyak yaa.

(31) Belanja seperlunya aja. Jangan semua orang kamu kasih oleh-oleh. Tekor yang ada. Mending mereka kalo pergi bakal ngasih kamu oleh-oleh juga. Kasih aja orang terdekat. Yaa, minimal gantungan kunci atau magnet kulkas. Yang penting ngasihnya tulus! 😀

(32) Gunakan wi-fi gratis buat browsing(always) dan ngabarin orang-orang. Pamer dikit gpplah kayak ngupdate status di fb atau ngetweet di twitter. Asal ati ati aja di mintain oleh oleh huahahaha

(33) Kalau akan tinggal dalam waktu lama dan sering mengunakan telepon lokal ada baiknya membeli sim card lokal.

Jangan terlalu murah! Nanti yang ada kalian akan terlihat gembel. Prinsip backpacker adalah membeli pengalaman dengan biaya sedikit mungkin tapi tidak melewati batas. Misalnya kalian udah laper banget tapi sayang duit. Itu sama aja nyiksa diri sendiri. Dan kalo ada sedikit uang sisa gak apa apalah sedikit menyenangkan diri sendiri. Jangan cuma beli oleh-oleh buat orang lain. Cendera mata buat diri sendiri juga penting. 😀

Yang paling penting adalah banyak banyak browsing dan tanya sama orang lain. Jangan malu bertanya!
Sekian tips backpacker dari aku. Semoga berguna ;D

Advertisements

Tempat Belanja di Korea Selatan

Ke Korea tanpa Belnja kayaknya gak mungkin deh. Apalagi barang-barang di Korea lucu-lucu. Pasti kalau kalian mampir ke Korea mau kan membeli oleh-oleh untuk sanak saudara dan teman-teman yang di tinggalkan di tanah air? Apalagi kebanyakan orang Indonesia itu Shopaholic. Jadi aku mau share beberapa tempat belanja yang harus di datangi kalau lagi ke Korea Selatan

1. Dongdaemun Shopping Complex

20120320-213918.jpg

Dongdaemun Shooping Area ini bisa dicapai dengan naik busway line 4. Pusar pemberlanjaan terkenal di Seoul ini hampir buka 24 jam loh! Dongdaemun terdiri dari deretan 26 Mall dan puluhan ribu toko.Kayaknya seharian disini aja gak cukup karena kayaknya besar banget. Oh ya disini bagus buat kamu-kamu yang pengen beli barang grosiran. Tapi kalau mau beli satuan juga oleh hehe.

2. Myeong-dong

20120320-214136.jpg

Myeongdong ini berada di tempat yang strategis. banyak warga lokal dan turis yang berbelanja disini karena banyak berjejeran brand-brand mahal dan toko-toko kecantikan asal Korea yang sangat terkenal. tempat makanan pun ada dimana-mana pokoknya komplit. Mau belanja atau Window Shopping pasti asik-asik aja kalau disini haha.

3. Namdaemun Market

20120320-214234.jpg

Namdaemun adalah pasar tertua di Seoul. Namdaemun adalah perpaduan pasar tradisional dan modern dari kota Seoul. Namdaemun ini lokasinya berdekatan dengan Myeondong jadi kalau kalian ke Myengdong sekalian aja jalan ke Namdaemun atau sebaliknya. Di kanan-kiri jalan banyak orang yang berjualan dari mulai makanan ringan sampai baju-baju second. Namdaemun adalah salah satu tempat belanja yang gak boleh dilewatkan!

4. Insa-dong

20120320-214845.jpg

Kalau mau cari kerajinan tangan dari Korea disini tempatnya! Dari mulai Hanbok, keamik dan produk lainnya di jual disini. Jejeran toko barang antik akan menyambut kalian di sini. Oh ya daerah ini memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Insadong sangat terasa tradisionalnya.

5. Area Apgujeong-dong dan Cheongdam-dong

20120320-215139.jpg

Apgujeong dan Cheongadam adalah kawasan elite di Seoul yang biasanya di sebut beverly hillsnya Korea. Jejeran butik mahal dan mewah dari designer terkemuka memadati daerah ini. Tapi tempat ini wajib di Kunjungi walau hanya sekedar window shopping.